حجة أهل السنة والجماعة
KH Ali Maksum Membela Kebenaran Amaliah Nahdhiyyin
Judul Asli Kitab : “”حجة أهل السنّة و الجماعة
Judul Terjemahan (Hujjah Ahlissunnah Wal Jama’ah)
Penyusun Penterjemah : KH Ali Maksum Membela Kebenaran Amaliah Nahdhiyyin : KH Ali Maksum : Achmad Suchaimi
KATA PENGANTAR
Bismillah, walhamdulillah, was-sholatu wassalamu ‘ala Rosulillah, wa’ala alihiwa ashohbihi waman walah, wala haula wala quwwata illa billah. Naskah terjemahan yang berjudul “KH ALI MAKSUM MEMBELAKEBENARAN AMALIAH (Tradisi) NAHDHIYYIN” ini merupakanterjemahan dari kitab berbahasa arab “Hujjatu Ahlissunnah Wal Jama’ah, karya KH Ali Makshum, Rois Am PBNU periode 1979 – 1983. Sesuai dengan judulnya, naskah ini menguraikan beberapa amaliah atautradisi keagamaan “Kaum Nahdhiyyin” di Indonesia khususnya dan mayoritaskaum “Ahlussunnah Wal Jama’ah” di dunia pada umumnya, seperti tradisi talqinmayyit pasca penguburan, ziarah kubur, shalat tarawih 20 rakaat, wisata ziarah kemakam Rasulullah, penetapan awal-akhir ramadhan dan lain-lain. Namunmenginjak awal abad duapuluh miladiyah, amaliah dan tradisi kaumNahdhiyyin tersebut digugat keabsahannya oleh “segerombol” umat islamyang menyatakan diri sebagai Kaum Modernis, MTA (Majlis Tafsir Al-Qur’an),Salafi Wahhabi dan antek-anteknya dengan tuduhan bid’ah, syirik, kufur, sesatdan lain-lain. Akibatnya, tidak jarang hal ini menimbulkan keresahan,perpecahan, dan bahkan bentrok fisik di kalangan kaum Muslimin sendiri,yang berujung pada rusaknya ukhuwwah Islamiyyah. Padahal kalau dikaji lebihdalam, amaliah dan tradisi tersebut merupakan persoalan furu’ iyyah fiqhiyyah (cabang), bukan ushul (prinsip) dan bersifat ijtihadiyah (hasil pemikiran ijtihad)yang memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat di kalangan ulama. Disamping itu, amaliah dan tradisi ini sudah mapan berkembang sejak periodeawal pembentukan Islam, yakni sejak masa Nabi SAW dan masa-masasesudahnya sampai sekarang. Sehingga tidak ada gunanya memperdebatkandan mengungkit-ungkit persoalan yang sudah mapan berkembang.
حجة أهل السنة والجماعة
تأليف الشيخ العلامة كياهى الحاج علي معصوم الجكجاوى
مع زيادات مهمة من الفقير
الحاج أحمد سبكى مشهدى بإذن المؤلف
البكلونقانى – بجاوة الوسطى