Terjemah Nadzhom Imrithi
1 min read

Terjemah Nadzhom Imrithi

3.2/5 - (5 votes)

Review Singkat Tentang Kitab Nadhom Imrithi

Kitab Nadhom Imrithi merupakan kitab yang di dalamnya berisi sekitar 254 bait syair mengenai ilmu nahwu. Tentu saja nadhom ini adalah nadhom yang dikaji di banyak pondok-pondok pesantren sebagai dasar bagi para santri untuk lebih memahami tentang ilmu nahwu dalam Bahasa Arab.

Kitab Nadhom Imrithi ini adalah karya seorang ulama’ yang alim dan ikhlas yang bernama Syekh Syarafuddin Yahya bin Badruddin Musa bin Ramadhan bin Umairoh Al-Imrithi yang merupakan ulama’ alumni Universitas Al-Azhar Mesir.

Beliau tidak hanya ulama’ yang ahli dalam kebahasaan arab, tetapi juga dalam bidang fiqih dan ushul fiqih. Nama Al-Imrithi merupakan gelar yang dirujukkan pada nama desa kelahiran beliau yaitu Desa Amrith – Mesir. Selain Nadhom Imrithi, karya beliau di bidang fiqih dan ushul fiqih misalnya Nihayatut Tadzrib fin Nadzmi Ghoyatut Taqrib, Taisir fi Nadzmit Tahrir, dan Tashilut Turuqot li Nadzmil Waroqot.

Nah, Kitab Nadhom Imrithi ini merupakan sebuah syair-syair yang terdiri sekitar 254 bait, yang merupakan hasil inspirasi dari Kitab Matan Jurumiyyah karya Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawud yang dikenal dengan nama Syekh Shonhaji, di mana para ulama’ besar banyak yang telah mendapatkan dasar ilmu nahwu dari Kitab Matan Jurumiyyah tersebut.

Artinya, Kitab Nadhom Imrithi ini merupakan hasil dari ilmu nahwu yang dipaparkan dalam Kitab Matan Jurumiyyah, yang kemudian diulas menjadi bentuk syair, di mana mengurangi beberapa keterangan dalam Kitab Jurumiyyah yang kurang diperlukan dan menambahi beberapa keterangan yang dianggap cukup penting.

Adapun terjemah Kitab Nadhom Imrithi dalam Bahasa Indonesia, maka bisa dibuka pada link-link di bawah ini :

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *