Terjemah Haqoiq Tasawuf

Terjemah Haqoiq Tasawuf

5/5 - (1 vote)

Tasawuf adalah ilmu yang tidak diketahui kecuali oleh orang-orang yang mengetahui kebenaran. Dia tak akan dikenal oleh orang yang tidak mengalaminya. Dan bagaimana orang buta bisa melihat cahaya? (Hj Khalfah, Kasyf azh-Zhunun)

Sebenarnya, apa perbedaan antara tasawuf dan sufisme? Tasawuf adalah istilah yang berkembang di dunia Arab, sementara sufisme lebih populer di barat, yang dinisbatkan kepada seorang pelaku tasawuf, sufi. Tujuannya pun satu, dan sama dengan tujuan syariat, yaitu kesalehan batin dan perilaku dengan berbagai maqam-nya. Yang menjadikan sufisme menyimpang adalah ketika salah satu maqam-nya, wihdatul wujd, berkembang ke arah ittihd atau hull, yang kemudian lebih sering berkaitan dengan sinkretisme. Ini, yang menyalahi tauhid.

Penulis buku ini mengulas secara detail serangan para orientalis tentang metode memahami tasawuf. Juga, menjelaskan bagaimana tasawuf yang seiring dengan tuntutan syariat; bagaimana menjadi saleh secara batin tapi juga tidak menyimpang dari tauhid.

DOWNLOAD

 674 Total,  2 Hari Ini

Share this:

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d blogger menyukai ini: