Terjemah Shahih Muslim
1 min read

Terjemah Shahih Muslim

Beri Penilaian

Kitab Shahih Muslim adalah salah satu dari kitab yang paling sahih setelah al-Qur’an, selain Shahih Al Bukhari. Imam Muslim -rahimahullah-  sangat teliti dalam mempelajari para rawi, menyeleksi yang diriwayatkan, dan membandingkan antara riwayat yang satu dengan lainnya, meneliti susunan lafaznya dan memberikan petunjuk bila terdapat perbedaan pada lafaz-lafaz itu. Dari usaha ini menghasilkan kitab sahih yang menjadi rujukan bagi para peneliti dan para ulama.

Imam Muslim -rahimahullah-  menyaring hadis yang dimasukkan dalam kitabnya itu dari ribuan hadis yang telah didengarnya. Dia pernah berkata: ‘Aku menyusun kitab sahih ini hasil dari 300.000 hadis.” .

Kitab sahih ini adalah hasil dari kehidupan yang penuh berkah, yang ditulis di mana saja ia berada, baik dalam waktu sempit maupun lapang. Dia mengumpulkan, menghafal, menyaring dan menulis sehingga menjadi sebuah kitab sahih yang sangat baik dan teratur. Dia dan beberapa muridnya menyelesaikan penyusunan kitab sahih itu dalam waktu lima belas tahun. Ahmad bin Salamah -rahimahullah-  mengatakan: “Aku menulis bersama Muslim untuk menyusun kitab sahih itu selama lima belas tahun. Kitab itu berisi 12.000 hadis.

DOWNLOAD

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *