Terjemah Kitab Washoya – Nasehat Ayah Kepada Anaknya
1 min read

Terjemah Kitab Washoya – Nasehat Ayah Kepada Anaknya

Beri Penilaian

Kitab ini dikarang oleh syaikh muhammad syakir, lahir di Negara piramida Mesir wilayah Jurja pada tahun 1282 Hijriyah atau 1939 Masehi.

Merupakan keturunan atau anak dari Ahmad bin Abdil Qadir bin Abdul Warits.

Syaik ini juga dikenal sebagai seorang pembaharu Universitas Al-Azhar. Pada masanya, beliau termasuk wakil rektor Universitas Al-Azhar.

Riwayat Perjalanan pendidikan dan keilmuan serta jabatan dimulai dari menghafal Al-Qur’an dan belajar dasar-dasar studinya di Wilayah Jurja, Mesir.

Dilanjutkan melakukan perjalanan ke universitas Al-Azhar. Pada tahun 1307 Hijriyah dipercaya untuk memberikan fatwa.

pada masa itu Beliau juga menduduki jabatan sebagai ketua Mahkamah mudiniyyah al-qulyubiyyah, dan tinggal di sana selama tujuh tahun sampai beliau dipilih menjadi Qadhi (hakim) untuk negeri Sudan pada tahun 1317 H.

Syaikh Muhammad Syakir merupakan orang pertama yang menduduki jabatan ini, dan orang yang pertama yang menetapkan hukum-hukum hakim yang syar’i di Sudan.

Di Tahun 1322 H. Syaikh M Syakir ditunjuk menjadi guru bagi para ulama-ulama di daerah Iskandariyyah. selanjutnya ditunjuk sebagai wakil bagi para guru Al-Azhar.

Tahun 1913 M mendirikan Jam’iyyah Tasyni’iyyah dan menjadi anggota organisasi tersebut, sebagai pilihannya dari sisi pemerintah Mesir, mulai dari sini dilepaskan segala jabatan dan tidak ada hal yang menarik bagi beliau untuk berkecimpung lagi dalam dunia yang ada jabatannya, yang selanjutnya dengan meninggalkan berbagai jabatan yang ada dan tidak berminat lagi mendudukinya serta mengutamakan untuk hidup dalam keadaaan pikiran, amalan, hati dan ilmu yang bebas lepas.

DOWNLOAD

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *