Terjemah At Tadzhib Fi Adillat Matan Al Ghayat Wat Taqrib
2 mins read

Terjemah At Tadzhib Fi Adillat Matan Al Ghayat Wat Taqrib

4.7/5 - (3 votes)

Kitab Tahdzib adalah kitab syarah dari Matan Taqrib, salah satu kita terbaik di kalangan pesantren dalam bidang ilmu fikih. Di dalamnya terdapat pembahasan fikih yang dilengkapi dengan beberapa dalil Al-Qur’an, Hadis, dan Ijtihad para ulama khususnya mazhab Syafii. 

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Tahdzib

Kita Tahdzib dikarang oleh Syekh Dr. Musthofa Dib al-Bugha al-Madani al-Dimasyqi as-Syafi’i. beliau lahir tahun 1938 di daerah al-Midan Damaskus, salah satu daerah yang terkenal memiliki banyak sekali ulama Syafii tulen.

Beliau lulusan Ma’had al-Taujih Islami yang dipimpin oleh Syekh Hasan Habanke pada tahun 1959. Beliau juga belajar di Universitas Damaskus Fakultas Syariah dan lulus pada tahun 1963.

Pada tahun 1974, beliau memperoleh gelar Master dan Doktor dari Fakultas Syariah di Universitas al-Azhar. Setelah mendapatkan gelar Doktor, beliau mengabdi menjadi dosen di Universitas Damaskus mulai tahun 1978 sampai 2000, di Universitas Qatar pada tahun 2000-2005, dan beberapa Universitas lain, seperti Universitas al-Yarmouk, dan Universitas Sains dan Pendidikan Dunia Islam di Yordania.

Kegiatan beliau sehari-hari adalah mengajar di Universitas, kemudian sore dan malamnya mengisi berbagai pengajian di masjid. Di sela-sela waktu, beliau menyempatkan diri untuk menjadi pembimbing disertasi, beliau juga aktif dan produktif dalam menulis, menjawab berbagai pertanyaan atau persoalan dari umat, dan gemar mengunjungi majelis taklim.

Sekilas Tentang Kitab Tahdzib

Kitab ini berisikan berbagai kajian fikih yang terbagi menjadi beberapa bab, yaitu bab Taharah, bab Salat, dan bab Jenazah.

Yang dikaji di Bab Taharah di antara yaitu, jenis dan macam-macam air, cara menyamak kulit bangkai, hukum wadah atau bejana dari emas dan perak, bersiwak, wudu, istinja’, cara kencing dan BAB sesuai sunah, penyebab junub lengkap degan syarat wajib dan kesunahannya, Khauf (sepatu di musim dingin), tayamum, hukum perban dan infus, najis, hadis, nifas, istihadah, dan masih banyak lagi.

Download Terjemah At Tadzhib Fi Adillat Matan Al Ghayat Wat Taqrib

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *