Terjemah Ihkamul Ahkam Syarah Umdatul Ahkam

Terjemah Ihkamul Ahkam Syarah Umdatul Ahkam

Beri Penilaian

Buku yang berada di tangan pembaca adalah salah satu karya Ibnu Daqiq Al Id (W. 702 H). Buku yang diberi judul Ihkamul Ahkam ini menjelaskan kitab Umdatul Ahkam karya Abdul Ghani Al Maqdisi (W. 600 H). Hadits-hadits yang terdapat dalam Umdah Al Ahkam adalah hadits hukum yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim.

Kitab Umdatul Ahkam adalah kitab yang membahas tentang hukum hukum islam dan merujuk langsung kepada Hadits Nabi Muhammad. Kitab Umdatul Ahkam merupakan hasil karya Imam Abdul Ghani bin Abdul Wahid al-Maqdisy (541-600 H).

Latar belakang penulisan Kitab Umdatul Ahkam dijelaskan oleh Imam Abdul Ghani bin Abdul Wahid al-Maqdisy pada bagian mukaddimah. Intinya adalah terkait dengan permintaan beberapa sahabat penulis agar menulis sebuah yang berbentuk ringkasan ringkasan hadits yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Jika kita sudah membaca mukaddimah kitab, maka langsung dapat kita baca bahwa isi kitab Umdatul Ahkam adalah hadits hadits ahkam yang berbasis pada hadits yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Dalam istilah Ulumul Hadits, hadits yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Muslim disebut sebagai hadits Muttafaqun Alaih yaitu hadis yang disepakati. Dan populer juga dengan istilah Shahihain yaitu hadis yang terdapat dalam dua Kitab Sahih.

Meskipun demikian, bukan berarti semua hadits hukum yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim terdapat dalam Kitam Umdatul Ahkam ini.

PDF FILES

 112 Total,  1 Hari Ini

Share this:

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d blogger menyukai ini: