Terjemah Shaidul Khatir – Ibnu Jauzi

Terjemah Shaidul Khatir – Ibnu Jauzi

Beri Penilaian

Shoidul Khothir – Cara Manusia Cerdas Menang dalam Hidup

Ditulis oleh : Ibnul Jauziy rohimahulloh

Tugas seorang Mu’min dalam kehidupan dunia ini adalah menghambakan diri kepada Penciptanya dan bertaqwa kepadaNya dengan sebenar-benarnya. Namun tujuan utama ini seringkali terlupakan disebabkan hiruk-pikuk dan gemerlapnya dunia. Maka dari itu, sangat diperlukan sekali nasihat, bimbingan, dan arahan yang bisa mengingatkan kita akan makna hakiki dari kehidupan ini.

Shoid al-Khothir karya Ibnu al-Jauziy adalah kitab terbaik yang pernah ditulis oleh ulama besar ini. Sulit bagi kita untuk tidak membaca kitab ini. Selain tidak berat dan tidak sulit, kitab ini menggambarkan kejujuran penulisnya, keluasan cakrawala ilmunya, kekayaan pengalamannya, kecermatan analisanya, dan kelurusan pikirannya. kitab ini merupakan buah kehidupannya.

Dalam kitab ini, beliau menjelaskan tentang rahasia dan makna dari kehidupan ini; bagaimana seharusnya cara pandang dan sikap seorang Mukmin terhadap diri, lingkungan, orang-orang yang ada di sekitarnya, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidupnya; pentingnya mawas diri; cara menjauhkan diri dari kelalaian; cara mengalahkan hawa nafsu; sebab-sebab keresahan dan kegundahan hati, dan tema-tema lainnya yang akan memperdalam ma’rifat kita kepada Allah dan membangun jiwa kita sehingga kita dapat menjadi pribadi yang bertaqwa.

Saya menyarankan anda untuk membaca kitab ini, isinya sangat menarik, sarat dengan pesan moral, penuh dengan pengalaman pengalaman manusia yang cukup panjang. Bahasanya lugas dan penyampaiannya sederhana sehingga mudah dicerna dan dipahami oleh setiap orang.

Kitab ini telah dikomentari oleh begitu banyak cendekiawan dan diterbitkan dalam berbagai bahasa, laris di pasaran, dan bisa diterima oleh banyak kalangan, seolah olah kitab ini baru saja ditulis. Kitab ini telah memberikan manfaat yang tidak terhitung kepada umat ini.

 151 Total,  1 Hari Ini

Share this:

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d blogger menyukai ini: