Terjemah Tarikhul Islam – Imam Adz Dzahabi
1 min read

Terjemah Tarikhul Islam – Imam Adz Dzahabi

Beri Penilaian

Perlu diketahui. buku ini berjudul asli “Tarikhul lslam wa Thabaqdtil Masyahiri wal A’lam”, yang terdiri dari beberapa jilid. Jilid pertama, khusus membahas
tentang peperangan yang terjadi di masa Nabi. Jilid kedua, khusus membahas kehidupan Nabi, dari lahir hingga wafat, sehingga jilid ini dinamakan Tarjamatun Nabawiyah atau Sirah Nabawiyah. Jilid kedua inilah yang ada ditangan pembaca.

Tidak heran, jika dalam buku ini tidak disebutkan tentang peristiwa-peristiwa perang dizaman Nabi, seperti perang Badar, Uhud. dan lain sebagainya.

Buku ini karya muhaddits (ahli hadits) terkenal, Al-lmam Al-Hafizh Al-Muarrikh Muhammad bin Ahmad bin Utsman Adz-Dzahabi (748 H). atau yang lebih dikenaldengan lmam Adz-Dzahabi. lsi buku inidisebutkan dengan metode riwayat (haddatsana, akhbarana. dan sebagainya).

Adz-Dzahabi dalam menukilkan riwayat-riwayat yang berkaitan dengan tema yang sedang dibahas’ menyebutkan shohih, dhaifnya, mursal dan maudhu’nya -kedudukan riwayatdan sebagainya disertai dengan alasan-alasannya, sehingga dengan sendirinya buku ini memiliki bobot ilmiah.

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *