Terjemah Matan Zubad – Ibnu Ruslan
1 min read

Terjemah Matan Zubad – Ibnu Ruslan

4.1/5 - (7 votes)

Kitab Shafawatu Zubad atau yang lebih dikenal dengan matan Zubad berisi tiga disiplin ilmu penting dalam Islam, yaitu ilmu tauhid, fiqih, dan tasawuf.

Ibnu Ruslan menyusun matan ini dengan bentuk rajaz, sebagaimana yang lebih sering dipakai di beberapa kitab manzhumah yang ada. Meski berbentuk nazham, matan Zubad lumayan mudah dipahami bagi para pelajar atau pemula. Ibarat dalam ilmu fiqih, nazham ini seperti Fathul Qarib atau dalam ilmu ushul fiqih seperti Waraqat yang mana keduanya banyak digunakan oleh para pelajar yang baru memulai mendalami fiqih maupun ushul fiqih. Imam Ibnu Ruslan mengisyaratkan dalam mata ini di dalam mukaddimahnya:

 يسهل حفظُها على الأطفال # نافعة لمبتدي الرجال 

تكفي مع التوفيق للمشتغل # إن فهمت وأُتبعت بالعمل 

Artinya, “Mudah menghafalkannya bagi anak-anak/dan bermanfaat untuk pemula dari kalangan orang dewasa/ Nazham ini mencukupi (dari yang selainnya) bersama dengan taufiq bagi orang yang menyibukan diri (untuk membaca dan mempelajarinya/jika dipahami dan diikuti dengan amal.” 

Ar-Ramli dalam bait kedua ini menerangkan bahwa taufiq adalah di mana Allah SWT menciptakan kemampuan pada seorang hamba untuk melaksanakan ketaatan. Ketaatan adalah sumber dari seseorang bisa memahami suatu ilmu, sebagaimana Allah SWT berfirman:

 واتقوا الله ويعلمكم الله  والله بكل شيء عليم 

Artinya, “Takwalah kepada Allah, maka Allah akan mengajarkanmu,” (Al-Baqarah ayat 282). 

Ayat ini menunjukkan janji Allah SWT bahwa siapa pun yang bertakwa akan diberikan suatu pemahaman dan ilmu. Begitu juga Allah SWT akan menjadikan cahaya di hati orang ini sehingga mudah dalam memahami ilmu. Matan yang berisi intisari hukum-hukum fiqih ini sangat cocok dijadikan pedoman kita dalam mengarungi bahtera kehidupan di dunia.

DOWNLOAD 

Terjemahan Matan Zubad Ibnu Ruslan Pdf

Buku Versi 1 | Buku Versi 2

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *