Terjemah Ad Durun Nafis – Mutiara Yang Indah
1 min read

Terjemah Ad Durun Nafis – Mutiara Yang Indah

3/5 - (4 votes)

Kitab Ad-Durrun Nafis – Kitab Ad-Durrun Nafis (Permata Yang Indah) adalah salah  satu kitab  terbaik  yang  pernah  ditulis  oleh  ulama  Banjar.  Kitab  berisi  ajaran  Ilmu  Ketuhanan (Tauhid) dan Ilmu Tasawwuf (Penyucian diri) ini disusun oleh Syekh Muhammad Nafis bin Idris bin Husein Al- Banjari.

Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari mengarang kitab ini di Mekkah dalam bahasa Melayu, tahun 1200 Hijriah (1785/1786 Masehi).

Naskah Durrun Nafis (Permata yang Indah) yang dalam bahasa Melayu kemudian diterjemahkan oleh ulama Banjar lainnya, KH Haderanie HN, ke dalam bahasa Indonesia, dan diberi catatan serta penjelasan sehingga lebih mudah dipahami.

Permata Yang Indah tampaknya beredar dan menjadi rujukan kajian di kalangan ulama- ulama Banjar yang pernah bermukim di Mekah. Tak heran jika, KH Haderanie HN dalam kata pengantar terjemahannya, mengungkapkan, seorang ulama terkenal Syekh Abdurahman Shiddiq di Sapat/Tambilahan, salah seorang ulama keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al- Banjari, telah menyusun sebuah risalah yang bernama Amal Ma’rifat yang hampir serupa isi, bahasa dan sebagian susunan kalimatnya.

Loading

Share this:

One thought on “Terjemah Ad Durun Nafis – Mutiara Yang Indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *