Terjemah Syarah Hadits Jibril
1 min read

Terjemah Syarah Hadits Jibril

2.7/5 - (10 votes)

Faedah yang dapat disimpulkan dari hadis Jibril, adalah:

  • Terdapat 5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman dalam agama Islam
  • Islam, Iman dan Ihsan merupakan suatu tingkatan, yang paling bawah adalah Islam kemudian Iman dan tingkatan tertinggi adalah Ihsan. Sehingga orang yang berihsan (Muhsin) adalah seorang yang beriman (Mukmin) dan berislam (Muslim), sedangkan seorang Mukmin adalah Muslim namun belum tentu Muhsin, dan seorang Muslim belumlah dianggap Mukmin dan Muhsin hingga memenuhi syaratnya. Sebagaimana firman Allah Subḥānahu wa Ta’āla: “Orang-orang Arab Badui itu berkata: “Kami telah beriman”. Katakanlah: “Kamu belum beriman, tetapi katakanlah ´kami telah tunduk (berislam)´, karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu;…”
  • Malaikat Jibril alaihi salam bertanya dalam rangka mengajari para sahabat nabi tentang agama, karena sebenarnya Malaikat Jibril telah mengetahui jawabannya bahkan mengakui benarnya jawaban nabi. Malaikat Jibril membiarkan nabi untuk menerangkan jawabannya dihadapan para sahabatnya.
  • “Tidaklah orang yang ditanya itu lebih mengetahui daripada orang yang bertanya” merupakan ungkapan yang menunjukan bahwa tidak ada makhluk yang mengetahui kapan terjadinya kiamat kecuali Allah Subḥānahu wa Ta’āla saja, bahkan baik Nabi Muhammad Saw maupun Malaikat Jibril juga tidak mengetahui kapan waktu terjadinya kiamat, kecuali hanya mengetahui tanda-tanda datangnya saja. Sebagaimana firman Allah Subḥānahu wa Ta’āla: “Sesungguhnya hanya disisi Allah ilmu tentang hari kiamat,…”
  • “Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi, hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.”

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *