Terjemah Fathul Muin
1 min read

Terjemah Fathul Muin

5/5 - (1 vote)

Download Kitab Fathul Muin Terjemah PDF – Fathul Mu’in adalah sebuah kitab fikih klasik karya Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibari. Gelar Al-Malibari merupakan nama kawasan dari negara India.

Kitab ini menjadi syarah (komentar/penjelas) dari kitab matan yang berjudul Qurrotul ‘Ain yang juga karya Syekh Zainuddin al-Malibari.

Syekh Zainuddin selain ulama yang ahli dalam bidang Fikih adalah sosok juga yang piawai dalam ilmu tasawuf. Adapun karya beliau memadukan antara ilmu fikih dan ilmu tasawuf yang sangat populer di lingkungan pesantren Indonesia adalah kitab Irsyad al-‘Ibad.

Pengarang Kitab Fathul Muin

Sebagaimana keterangan Syahruddin, Syekh Zainuddin al-Malibari adalah ulama keturunan bangsa Arab. beliau juga populer dengan julukan Makhdum Tangal. Hingga saat ini, belum ada peneliti yang mengetahui secara pasti tanggal lahirnya. Selanjutnya, Syekh Zainuddin wafat pada tahun 972 atau 987 Hijriyah bertepatan dengan tahun 1679 M di Funnan/Ponani, India.

Syekh Zainuddin mempunyai beberapa karya selain kitab Qurrotul ‘Ain, Fathul Mu’in dan Irsyad al-‘Ibad, yaitu kitab al-Isti’dad lil mau wa Su’ul Qubur dan Tuhfatul Mujtahid fii Ba’adh Akhbar Al-Burtughali.

Selama hidupnya, pengarang kitab Fathul Muin ini lahir dan tumbuh besar di kalangan yang luhur ilmu pengetahuan. Ayahnya, Syekh Abdul Aziz merupakan sosok ulama kenamaan yang karyanya masyhur di dunia Islam.

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *