Terjemah Ayyuhal Walad
1 min read

Terjemah Ayyuhal Walad

Beri Penilaian

Kitab Ayyuhal Walad adalah salah satu kitab monumental yang dikarang oleh Imam al-Ghazali. Kitab tersebut mengandung nasehat-nasehat yang ditulis Imam al-Ghazali untuk para santrinya.

Awal mulanya Imam al-Ghazali menulis kitab Ayyuhal Walad adalah karena salah seorang santrinya meminta dituliskan nasehat dan petuah yang kelak dapat bermanfaat baginya dan menjadi pedomannya sepanjang hayat.

Pada muqadimah kitab Ayyuhal Walad, diceritakan bahwa dahulu kala ada seorang santri Imam al-Ghazali yang mengabdi dan berkhitmah kepada beliau. Ia dengan tekun dan sabar menuntut ilmu dari Imam al-Ghazali sehingga menguasai secara mendalam berbagai ilmu yang tidak diketahui orang awam pada umumnya dan memiliki kekuatan jiwa di atas rata-rata santri biasa.

Kemudian Imam al-Ghazali menuliskan nasehat-nasehatnya dalam lembaran-lembaran kertas tersendiri. Beliau mengatakan, “Aku menuliskan nasehat-nasehat dalam surat ini, jika kamu bisa mengambil suatu nasehat dari surat ini, nasehat apa yang kamu butuhkan? Jika kamu tidak bisa mengambil nasehat dari suratku, apa yang telah kamu hasilkan di waktu yang telah lewat?”

Dengan demikian lahirlah kitab nasehat Imam al-Ghazali untuk para santrinya yang diberi judul Ayyuhal Walad. Semoga dengan kitab ini semua santri pada umumnya dapat mengambil hikmah mutiara dari nasehat tersebut dan mempelajari adab menuntut ilmu agar kelak ilmu yang dipelajari bermanfaat dunia dan akhirat.

Wahai Anak (Terjemahan Buku… by Mata Najwa Sang Suwung

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *