Terjemah Umdatul Fiqh – Ibnu Qudamah
1 min read

Terjemah Umdatul Fiqh – Ibnu Qudamah

Beri Penilaian

Buku ini terjemahan ‘Umdatul Fiqh karya Imam Ibnu Qudamah. Kitab ini merupakan salah satu matan utama bagi pemula dalam mengkaji fikih Madzhab Hanbali. Pembahasannya sangat komprehensif. Hanya saja ada beberapa kalimat yang agak sulit langsung dipahami dan susah diterjemahkan secara harfiah. Sehingga untuk mengetahui maknanya harus membaca beberapa syarah dari matan tersebut.

Umdatul Fiqh ditulis oleh Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi untuk kebutuhan mereka yang mengalami kesulitan tersebut. Kitab ini memaparkan seluruh bab fikih secara ringkas dan hanya menyajikan satu pendapat yang dipilih penulis, sehingga pembaca tidak akan lagi mengalami kebingungan. Mempelajari fikih melalui kitab ini menjadi begitu gampang, menghafalnya pun menjadi lebih mudah.

Kitab ini, disusun oleh penulis sebagai dasar bagi para pemula yang ingin mempelajari ilmu fikih. Beliau juga telah menyusun kitab Al-Muqni’ dan Al-Kafi, sebagai kitab fikih lanjutan yang memuat perbedaan pendapat. Sedangkan Al-Mughni beliau tulis sebagai salah satu ensiklopedi fikih terlengkap yang menyajikan perbedaan pendapat tingkat tinggi, dimana pendapat para ulama dari berbagai madzab dan alasan-alasannya beliau paparkan dan beliau diskusikan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang terjemah Umdatul Fiqh, anda bisa mendownloadnya di link di bawah ini :

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *