Terjemah Raudhatuth Tholibin – Imam An Nawawi
1 min read

Terjemah Raudhatuth Tholibin – Imam An Nawawi

Beri Penilaian

Kitab Raudlatul Thalibin wa Umdatul Muftin (روضة الطالبين وعمدة المفتين ) atau biasa disebut al Raudlah merupakan kitab fiqih madzhab Imam Syafii karangan Imam Muhyiddin Abi Zakaria Yahya ibn Syaraf al Nawawi al Dimasyqi, atau dikenal dengan nama Imam Nawawi.

Kitab Raudlatul Thalibin ini merupakan kitab ringkasan (mukhtashar) dari kitab ‘Al Aziz atau Fathul Aziz’ karya al Imam Abul Qosim Abdul Karim bin Muhammad bin Abdil Karim Al Qozwini al Rofii, atau lebih dikenal dengan sebutan IMAM RAFI’I. ( Lahir tahun 557 H/1162 M dan wafat tahun 623 H/1226 M).

Sedangkan Kitab ‘Al Aziz atau Fathul Aziz atau Syarah Kabir’ karya Imam Rafii merupakan kitab penjelasan (syarah) dari kitab ‘Al-Wajiz’ . Al Wajiz ini merupakan ringkasan dari kitab ‘Al Wasith’. Al Wasith juga merupakan kitab ringkasan dari kitab ‘Al Basith’. Ketiganya adalah karangan Imam Ghazali.

Sedangkan Al Basith adalah ringkasan dari kitab karya gurunya, Al Imam Haramain, yaitu ‘Nihayatul Mathlab fi Dirayatil Madzhab’. Kitab ini adalah syarah dari kitab Mukhtashar al Muzanni karya Imam Muzanni (murid Imam Syafii RA).Dan Kitab Mukhtashar al Muzanni adalah ringkasan dari kitab ‘Al Umm’ karya Imam Syafii RA,

Menurut pendapat lain, Kitab ‘Nihayatul Mathlab fi Dirayatil Madzhab’ merupakan rangkuman dan penjelasan dari 4 kitab karya Imam Syafii RA, yakni ‘Al Umm, Al Imla. Al Buwaithi dan Mukhtashor al-Muzanni’. Empat kitab ini merupakan kitab induk yang memuat nash-nash dan kaidah pokok Qaul Jadid Imam Syafii yang dijadikan pedoman dalam mengkaji dan mengembangkan madzhab.

PDF FILES

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *