Terjemah Thoriqul Hijrotain – Jalan Orang Shalih Menuju Surga
1 min read

Terjemah Thoriqul Hijrotain – Jalan Orang Shalih Menuju Surga

Beri Penilaian

Surga adalah akhir dari pencapaian amal manusia di dunia ini. Semakin bagus amalnya maka semakin tinggi tingkatan surga yang akan didiaminya kelak. Namun untuk sampai ke surga tidaklah mudah, ada banyak godaan dan cobaan yang datang silih berganti yang membuat manusia lupa dan terlena sehingga pada akhirnya surga hanya akan menjadi sebuah cerita fantasi belaka, dan dunia yang fana ini malah dianggap surga yang nyata bagi mereka, meskipun hanya sesaat saja.

Manusia yang lemah imannya memang mudah ditaklukkan oleh berbagai macam godaan, semakin tinggi imannya maka godaannya pun semakin besar dan kuat. Iman yang benar meskipun kecil amalannya takkan mampu digoyahkan oleh apapun juga, sementara iman yang lemah, meskipun amalnya sebesar gunung maka diterpa cobaan sedikit saja ia akan langsung terlena.

Perjalanan kehidupan manusia menuju surga sesungguhnya tidaklah jauh berbeda dengan saat mereka berpergian ke suatu tempat, perbedaannya, adalah satu bersifat mental dan satunya bersifat fisik, adapun kendaraan adalah amalannya, sementara jalan menuju ke sana ada pada keimanannya kepada Allah. Tidak pernah akan sampai ke surga orang yang tidak memiliki keimanan kepada Allah.

Ibnul Qayyim melalui kitabnya ini mencoba memberikan uraian tentang perjalanan manusia menuju surga dengan gambaran ilmu dan amal yang akan melarutkan para pembaca dalam dimensi yang bersifat ketuhanan.

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *