Pengantar Memahami Alfiyah Ibnu Malik
2 mins read

Pengantar Memahami Alfiyah Ibnu Malik

5/5 - (1 vote)

Alfiyah Ibnu Malik merupakan salah satu karya fenomenal yang ditulis oleh Syaikh Al-‘Alamah Muhammad Jamaluddin Ibnu Abdullah Ibnu Malik al-Thay. Karya tersebut ditulis dalam tulisan berbahasa Arab. Kitab Alfiyah Ibnu Malik berisikan 1002 bait syair nahwu dan sharaf. Tentu kitab ini sudah sangat populer di kalangan para santri baik di Indonesia maupun di manca negara. Kitab Alfiyah Ibnu Malik ini dinamai dengan istilah “Alfiyah” oleh karena baitnya yang terdiri dari 1000 lebih bait. Dalam bahasa Arab, “1000” berarti “alfiyah“. Karya fenomenal ini membuktikan kepada dunia bahwasanya bahasa Arab merupakan bahasa yang mudah untuk dipahami dan bahasa yang menarik untuk dikaji. Mengapa demikian? Bayangkan Ibnu Malik yang merupakan kelahiran dari Jaén yang letaknya berada di Spanyol saja mampu untuk mengkaji bahasa Arab dengan sangat baik hingga mampu menghasilkan karya yang fenomenal. Kitab ini tidak hanya dikaji oleh orang muslim, bahkan banyak non-muslim sekalipun juga tertarik untuk mengkaji kitab tersebut.

Maka tidak mengherankan jika saat ini di Indonesia juga banyak yang mengkaji kitab tersebut dan membuat buku penjelasannya agar lebih mudah untuk memperdalam kitab Alfiyah Ibnu Malik. Salah satunya yakni buku berjudul “Pengantar Memahami Alfiyah Ibnu Malik” yang akan penulis bagikan pada postingan kali ini.

Resensi buku pengantar memahami Alfiyah Ibnu malik ini sangat bermanfaat untuk membuka sedikit wawasan kita sebelum mempelajari buku tersebut lebih dalam lagi. Buku pengantar memahami Alfiyah Ibnu Malik terdiri dari 3 jilid. Di mana setiap jilidnya terdiri dari beberapa bab. Pada buku pengantar memahami Alfiyah Ibnu Malik jilid pertama berisikan muqoddimah atau pembukaan, kemudian terdapat 26 bab yang penting dipahami dalam mempelajari bahasa Arab. Pada jilid pertama, terdiri dari 437 halaman. Pada jilid kedua buku pengantar memahami Alfiyah Ibnu Malik terdiri dari 29 bab lanjutan dari jilid pertama. Kemudian pada jilid ketiga, terdiri dari 22 bab lanjutan dari jilid pertama dan kedua. 

Buku pengantar memahami Alfiyah Ibnu Malik ini disertai dengan nadzhom atau bait syair daripada kitab asli Alfiyah Ibnu Malik beserta penjelasannya. Penjelasannya disertai dengan rujukan-rujukan yang dapat dilihat lewat footnote yang telah dicantumkan dalam buku tersebut. Buku ini tentu sangat cocok menjadi salah satu bahan bacaan bagi para santri maupun bagi orang yang hendak memperdalam bahasa Arab.

PDF FILES

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *