Ar-Risalah Imam Asy-Syafi’i
2 mins read

Ar-Risalah Imam Asy-Syafi’i

2/5 - (1 vote)

Buku “Ar-Risalah” Imam Asy-Syafi’i merupakan buku pertama dalam bidang ushul fiqih, dimana Imam Syafi’i merupakan orang pertama yang memiliki gagasan dan ide cemerlang mengenai metode penggalian hukum Islam, yang dituangkan secara sistematis ke dalam sebuah karya tulis yang diberi judul “Ar-Risalah” atau yang berarti sepucuk surat. Upaya pembukuan “Ar-Risalah” ini sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan keislaman pada saat itu yang berlangsung pada masa khalifah Harun Al-Rasyid (145 H – 193 H) dan mencapai puncaknya pada masa Al-Ma’mun (170 H – 218 H).

Dahulu, kitab ini tidak bernama Ar-Risalah. DR. Ahmad Muhammad bin Syakir, penyunting kitab Ar-Risalah dalam pengentarnya mengatakan bahwa Imam Syafi’i tidak menamakan kitabnya Ar-Risalah, melainkan dengan nama Al-kitab. Berkali-kali dalam karyanya, Syafi’i menyebut-nyebut kata Alkitab, entah itu kata Kitabi, atau kitabuna. Demikian juga dalam kitab Al-Umm, Syafi’i selalu menisbahkan karya pertamanya itu dengan kata Alkitab (Al-Umm. Hal: 253).

Menurutnya, sebab Imam Syafi’i menamakan kitabnya dengan Ar-Risalah karena surat menyurat dengan Abdurrahman bin Mahdi. Saat itu, Syafi’i menulis Ar-Risalah atas permintaan Abdurrahman bin Mahdi di Mekah. Abdurrahman meminta Imam Syafi’i untuk menuliskan suatu kitab yang mencakup ilmu tentang Alqur’an, hal ihwal yang ada dalam Al-Qur’an dan disertai juga dengan hadis Nabi. Kitab ini setelah dikarang, disalin oleh murid-muridnya dan dikirim ke Mekah. Itulah sebabnya kitab itu dinamai kitab Ar-Risalah. Kitab ini di tulis di Baghdad selama kunjungan kedua Imam Syafii di kota itu dan kemudian diperbaiki ketika pindah ke Mesir pada tahun 814 M. setelah itu, Ar-Risalah kemudian melambungkan namanya sebagai intelektual muslim yang pertama kali meletakkan azas-azas ilmu Ushul Fiqh.

Lahirnya kitab Ar-Risalah adalah fase awal perkembangan ilmu ushul fiqih sebagai suatu disilpin ilmu, yang menjadikan kitab ini sebagai rujukan utama bagi kalangan ahli usul fiqih pada masa sesudahnya dan pada masa sekarang di dalam menyusun karya-karya mereka.

Buku kitab “Ar-Risalah” ini merangkum gambaran metodologi Imam Syafi’i dalam mencari dan menggali hukum-hukum Islam. Sangat cocok untuk menjadi rujukan bagi mahasiswa, akademis, pemerhati hukum Islam dan siapapun umat muslim sebagai penuntut ilmu.

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *