Terjemah Al Futuhat Al Makiyah – Ibnu Arabi
1 min read

Terjemah Al Futuhat Al Makiyah – Ibnu Arabi

Beri Penilaian

Al Futuhat al Makkiyah adalah kitab yang di tulis oleh Ibn Al Arabi pada tahun 599 H di Makkah. Judul lengkapnya yaitu al futuhat al makkiyah fi ma’rifat al asrar al malikiyyah wa al mulkiyyah.

Mayoritasi isi dari kitab ini berkaitan dengan hal-hal yang telah disingkapkan oleh Allah saat sedang melakukan thawaf di rumah-Nya yang dimuliakan (al bayt al mukarram) atau saat dia sedang duduk sambil bermuraqabah di hadapannya.

Kitab ini terdiri dari 560 bab yang terbagi atas enam pasal, yaitu:

Pasal al ma’rifat terdiri dari 73 bab. Pasal ini menjelaskan makrifat sufi yang diawali dengan rahasia ilmu huruf dan diakhiri dengan rahasia syiar-syiar agama.

Pasal al mu’amalat terdiri dari 116 bab. Pasal ini menjelaskan apa yang selayaknya dilakukan oleh pesuluk dengan mengambil pelajaran dari pengalaman sufistik hingga kepribadiannya menyempurna.

Pasal al ahwal terdiri dari 80 bab. Pasal ini menjelaskan keadaan-keadaan dan pancaran yang diraih oleh pesuluk dalam perjalanannya menuju Tuhan.

Pasal al manazil terdiri dari 114 bab. Pasal ini menjelaskan tanda-tanda yang diberikan oleh Kekasih dalam keterasingan pesuluk, kemudian dia berhenti pada tanda itu untuk beristirahat sejenak, kemudian meninggalkannya dalam mikrajnya yang abadi.

Pasal al munazalat terdiri dari 78 bab. Pasal ini menjelaskan tempat pertemuan yang abadi antara hamba dalam pendakiannya dan al-Haq dalam penurunan-Nya.

Pasal al maqamat terdiri dari 99 bab. Pasal ini menjelaskan ufuk tertinggi yang diraih oleh pesuluk sesuai dengan kadarnya dan pancaran pribadinya.

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *