Terjemah Kimiyyah Al-Sa’adah
1 min read

Terjemah Kimiyyah Al-Sa’adah

5/5 - (1 vote)

Imam al-Ghazali dalam Kimia kebahagiaan mengajak kita untuk melakukan monolog sebagai berikut: Anda itu sejenis apa? Anda ke tempat ini dari mana? Untuk apa Anda dicipta? Dengan apa Anda bahagia? Dan karena apa Anda sengsara? Jika itu semua dilakukan kita akan mudah mengenali diri. Bahkan akan menumukan kebahagiaan yang sejati.

Sebagai referensi untuk menjawab pertanyaan tersebut, Imam al-Ghazali memberikan klasifikasi partikel-partikel yang ada dalam diri manusia; Pertama, sifat kebinatangan yakni bahagia dengan terpenuhinya kebutuhan makan, minum, tidur dan seks. Kedua, sifat binatang buas yakni bahagia karena bisa memukul, membunuh, memangsa. Ketiga, sifat iblis yakni bahagia dengan cara melakukan makar, kriminal dan tipu muslihat. Keempat,  sifat malaikat yakni bahagia karena merasakan indahnya kehadiran Allah dalam hidupnya. Hal ini dicapai dengan mengenali asal usul dan hakikat diri.

Dari sini kita dapat menuduh diri kita sendiri, selama ini sifat apa yang mendominasi dan bergerilya dalam tubuh kita. Dan itu semua mempengaruhi kondisi kebahagiaan dalam setiap individu. Sifat-sifat tersebut dapat diibaratkan bahan bakar kendaraan tubuh yang akan melaju dan mengantarkan ke mana tujuan yang akan ditempuh.

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *