Terjemah Diwan Syam Tabrizi

Terjemah Diwan Syam Tabrizi

Beri Penilaian

Kisah Hubungan Syamsuddin Tabrizi Dengan Maulana Jalaluddin Ar Rumi

Sosok Syams Tabrizi (Syamsuddin Tabrizi) sangat erat hubungannya dengan Maulana Jalaluddin Rumi. Dialah yang memberikan pengaruh kuat terhadap perubahan Rumi sehingga dikenal sebagai penyair sufi terbesar sepanjang zaman. Sosok itulah yang datang kepada Rumi, mengguncang nalarnya, mencabik hatinya, dan mengubah kehidupannya.

Pertemuan Rumi dengan Syams Tabrizi merupakan sejarah agung dalam dunia sufisme. Rumi, yang sebelumnya merupakan seorang hakim yang telah memahami hal-hal syariat yang zhahir, semenjak pertemuannya dengan Syam Tabrizi, dia berubah menjadi sosok yang sama sekali berbeda. Dia berhasil menyingkap segala hal yang  zhahir tersebut dan menemukan makna di sebaliknya. Dia berhasil membuka hal-hal yang bathin.

Oleh karenanya, wajar saja bahwa pertemuan antara Rumi dengan Syams Tabrizi disebut sebagai sejarah agung dalam dunia sufisme; di situlah saat-saat Rumi meragukan (skeptis) hal-hal yang terlihat sehingga menemukan hal-hal yang tak terlihat sebagai keyakinan yang mapan. Sementara itu, Syams Tabrizi berada di sisi Rumi yang membimbing dan mengajarkan hakikat.

 96 Total,  2 Hari Ini

Share this:

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d blogger menyukai ini: