Hikmah dan Rahasia Shalat – Ibnu Jauzi
1 min read

Hikmah dan Rahasia Shalat – Ibnu Jauzi

1.9/5 - (10 votes)

Hikmah dan Rahasia Shalat – Ibnu Jauzi
Penerjemah : Sholihin

Shalat yang sempurna dan baik adalah shalat yang dilaksanakan tidak hanya oleh raga semata, namun juga dengan hati ikhlas, tunduk, dan menghadap kepada Allah c. Seorang hamba dapat melakukan shalat yang sempurna seperti ini apabila ia memahami makna dan rahasia yang terkandung di dalam setiap gerakan maupun bacaan.

Karya ini menjelaskan makna dan rahasia yang terkandung di dalam shalat. Dengan mengacu pada keterangan ayat suci al-Qur`an, penulisnya—Ibnul Qayyim—mengungkap satu per satu rahasia dalam tahapan, gerakan, dan bacaan shalat kita. Contohnya adalah rahasia di balik dua kali sujud. Bahwa sujud laksana “makanan pokok” bagi hati dan ruh. Dengan dua kali sujud, seorang hamba akan memperoleh tambahan kebaikan, iman, makrifat, dan kekuatan hati, di samping kelapangan dada dan kebersihan jiwa.

Masih banyak lagi rahasia shalat yang dijabarkan penulisnya. Dengan membaca dan menghayati isinya, kita tidak hanya dibimbing untuk memahami intisari ibadah shalat, namun juga dituntun untuk dapat melaksanakan shalat khusyu’ dan menikmati cita rasa ibadah shalat itu sendiri. Sehingga, ibadah kita kepada Allah c. pun menjadi sempurna dan berkualitas, demi meraih ridha-Nya.

Loading

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *